Belajar SEO Blogspot, Teknik SEO Blogspot, Blog SEO Tips, SEO Friendly Blogger Template

Blog kaya konten = lebih mudah bersaing di SERP ?

Belajar SEO Blogspot – Ada mitos SEO yang mengatakan bahwa blog yang kaya konten akan lebih mudah bersaing di halaman hasil pencarian(SERP). benarkah demikian ? untuk itu juragan berusaha menjawabnya di blognya juragan kali ini tentang Pengaruh dan hubungan antara jumlah posting blog dengan tingkat ke-seo-an sebuah blog. Dalam posting kali ini, Juragan akan coba menjabarkan apa pengaruh jumlah posting dengan level ke-seo-an sebuah blog/situs dengan permisalan(contoh kasus).

Misalkan ada sebuah blog, katakan blog A. Dan satu blog lagi kita namakan blog B. Berikut adalah spesifikasi kedua blog tersebut menurut jumlah posting masing-masing :

Blog A : Jumlah posting/artikel pada blog A berjumlah 200an
Blog B : Jumlah posting/artikel pada blog B berjumlah 20an

Terlihat jelas interval yang sangat jauh dari jumlah posting kedua blog tersebut. Semakin banyak jumlah posting, artinya semakin besar ukuran(size) sebuah blog. Ini artinya, ukuran Blog A lebih besar dari pada ukuran Blog B. Jika dijabarkan sebagai berikut :

Blog A : jumlah posting 200an = size blog besar
Blog B : jumlah posting 20an = size blog kecil

Nah, ukuran(size) ini lah yang berpengaruh terhadap tingkat keseoan sebuah blog. Semakin besar ukuran blog tersebut maka semakin mudah ia bersaing dengan kompatitornya untuk keyword pendek. Sedangkan blog dengan ukuran(size) yang kecil akan sangat sulit untuk bersaing pada keyword yang kompetitif(kata kunci pendek). Biasanya blog-blog dengan ukuran yang kecil hanya bisa bersaing dengan memanfaatkan long-tail keyword atau kata kunci panjang.

Contoh :
Blog A akan sangat mudah bersaing pada keyword "Tips SEO" karena jumlah postingnya banyak(ukuran blog menjadi besar).
Blog B akan sangat sulit untuk bersaing pada keyword "tips SEO" karena jumlah postingnya sedikit(ukuran blog kecil). Untuk menyiasati hal tersebut pemilik blog B akan mengincar keyword panjang seperti "Tips SEO untuk pemula".

Mengapa ukuran blog yang besar lebih mudah bersaing pada kata kunci kompetitif ?
Alasan utamanya adalah, mesin pencari menganggap bahwa situs yang berukuran besar(karena memiliki jumlah posting yang besar pula) merupakan situs yang sudah berumur dan kaya konten. Situs yang kaya konten dianggap sebagai situs yang berpengalaman dan berguna bagi pengunjung. Oleh karena itu mesin pencari, google contohnya lebih mendahulukan situs-situs yang kaya akan konten. Contoh situs yang kaya konten adalah situs-situs portal berita (detik.com,kompas.com,dll)

Kesimpulan
Jika blog sobat tergolong pada golongan blog B jangan memaksakan diri untuk mengincar kata kunci pendek. Lebih baik sobat tingkatkan frekuensi update sambil menembak kata kunci panjang(long-tail keyword).

Ada pendapat lain ?


Suka artikel ini?

Recommended Posts :

248 komentar — Skip ke Kotak Komentar

Rizkyzone said...

pertamax g yah

Rizkyzone said...

postingan q dah 300 lebih kang juragan, tp kayanya aq juga g bisa bersaing dengan yg lain, selain itu saya juga tidak bisa rutin ngeblog juga update postingabn

Juragan said...

@ Rizky : selamat pertamaxnya kang rizky ;)
ya pelan2 saja kang, saja juga begitu, masi kesulitan untuk mengatur waktu untuk ngeblog.

Masda said...

Wah saya masuk kategori blog B, ^^, tapi gpp hidup kita kan di dunia nyata bukan dunia maya, Ok Juragan saya bookmark aja dulu, maklum pemula...

Gus Ikhwan said...

untuk nembak keyword, saran saya yang wajar saja. karena pada saat gooling kita sering menjumpai postingan yang hanya nembak keyword tanpa memberikan penjelasan yang valid dan efeknya bisa menurunkan bounce rate alasanya ya itu visitors atau pembaca malas dan jengkel dengan gaya blogger yang tidak bertanggung jawab dan visitors kalau tidak nekan tombol back ya milih klik tombol X pada pojok atas
waduh kalau soal ini saya termasuk yang BLOG B karena saya bikin blog di wp tanggal 3 mei 2010 kemarin dan baru menghasilkan 29 postingan dengan 2048 komentar

Juragan said...

@ masda : iya kang masda saya juga pemula kok, tapi walau pemula yg penting masuk golongan pembelajar. Pemula yg ga pernah berhenti untuk belajar ilmu baru kan ;) ( komentar ini terinspirasi dari postingannya rismaka.net )

Belajar SEO said...

wah, klo saya masih termasuk baru kang, mohon bimbingannya kang :)

Juragan said...

@ gus ikhwan : malah menaikkan persantase bounce mungkin maksudnya gus ya. Yah memang kebanyakan para penembak keyword di google yg tidak relevan itu situs2 autocontent, yg malah menghasilkan halaman search result in search result. Tapi kan kita ngedukung n percaya aja dgn google bisa cpt membersihkan sampah2 itu. Bagaimana cara ngedukung google ? Ya dgn jangan ikut2an bikin situs autocontent dkk-nya. Bukan begitu gus ?

Juragan said...

@ felix : saling membimbing lebih asik kayanya kang felix ;) haha

iskandaria said...

Analisis yang sangat logis Gan. Kalau begitu, trust atau tingkat kepercayaan search engine terhadap suatu blog sangat dipengaruhi oleh usia blog tersebut. Ada benarnya. Blog dengan usia di atas setahun biasanya akan dengan mudah menempati posisi atas pada SERP (dengan kata kunci yang agak spesifik maupun agak general).

Oya, kualitas backlink juga ikut dipengaruhi oleh usia blog yang memberikan tautan tersebut. Semakin tua sumber backlink dan semakin relevan dengan topik blog kita, backlinknya akan semakin berkualitas (semakin mendukung posisi di SERP).

Ups, sedikit di luar topik. Saya belum sempat untuk meninjau blog ini secara seksama Gan. Tapi sementara ini, secara umum sudah cukup menurut saya. Sisanya akan saya tambahkan lagi nantinya :)

Aditx said...

Bener riz kaya akan konten tetapi kontennya juga harus akurat tidak boleh hanya asal COPAS saja ^_^

keep sharing

Juragan said...

@ iskandaria : tambahan yang benar2 pas dan melengkapai artikel diatas mas iskandaria :D tentang permintaan pendapat di blog ini saya ga maksa kok mas is. Jika mas is benar2 ada waktu dan kapan berkenan aja. ;)

@ adit : terimakasih tambahannya mas adit. ;)

ganda said...

Bagaimana dengan situs pencuri konten feed? Situs yang sudah lama tapi postingannya sedikit? Bagaimana dengan blog dengan jumlah postingannya sedikit tapi panjangnya minta ampun dengan jumlah post tapi isinya sedikit saja. Kebanyakan Blog yang menembak SEO menyebar keyword dimana2. Terkesan seperti blog spam.

brewokedan said...

mantap nih... bacaannya, saatnya injeksi artike

Gus Ikhwan said...

@ Juragan :
Iya gan, salah terjemah maksut saya menaikan bounce rate logikanya sepele visitors merasa dibohongi lalu dengan tampang atau muka kusut seketika juga akan langsung tekan tombol back atau malah akan menutup browser

@ Ganda :
Duplikat konten akhir² ini sedang merajalela

Gus Ikhwan said...

@ Juragan
Auto Content atau lengkapnya Auto-Generated Content adalah suatu teknik membuat konten secara otomatis dari berbagai sumber, kadang memang ada yang berguna, namun sayangnya kebanyakan para pembuat situs itu hanya mengambil hasil pencarian di Google kemudian menampilkannya di situs mereka. Karena beberapa faktor kelemahan Google dalam menyaring situs spam seperti ini, semakin lama akan semakin bertambah situs Auto Content yang akan menghiasi halaman pencarian Google. Beberapa dari mereka yang menggunakan teknik ini mengatakan kalau hasilnya cukup menakjubkan, bisa menaikkan traffic sampai buuanyak kali lipat dalam hitungan jam sampai hari.

Tergoda dengan cara instant ini, maka banyak orang yang akhirnya ikut-ikutan memasang Auto Content tanpa tahu efek buruknya. Bahkan beberapa memasang Auto Content di domain pribadi mereka. Bayangkan saja jika sampai dibanned Google, situs mereka akan hilang atau tampil buruk di mesin pencari.

“Menurut saya, hakikat SEO (Search Engine Optimization) adalah: mengoptimalkan apa yang telah ada dan yang belum ada menjadi ada, bukan yang tidak ada dibuat seolah-olah menjadi ada -dan tidak membuat para pencari informasi berputar-putar di situs tersebut.”

Celakanya, hal terakhir itu yang justru banyak dilakukan pengguna Auto Content. Mereka tidak benar-benar menyediakan informasi, namun membuat informasi tersebut seolah-olah ada di situs mereka. Tentu saja hal ini justru merugikan pengguna mesin pencari, terutama pengguna Google yang tidak begitu mengerti.

Bagaimana kita mengenali Website Auto Content? oh itu
Mudah saja! format website atau blog Auto Content di mesin pencari umumnya adalah seperti ini:
www.namadomain.com/search/keyword1+keyword2+keyword3+dst

maaf, kalau banyak banget, lagi encer buat mikir

mas doyok said...

@gus ikhwan
sekarang formtanya sangat bergam seperti .../post/....
atau .../article/...
bikin bingung

@juragan :D
saya selalu tekankan di psotingan saya
'satu postingan baru adalah satu jalan baru ke google'

secangkir teh dan sekerat roti said...

ane sih kurang begitu paham SERP ama SOE ya...
karena blog saya personal :)

Juragan said...

@ ganda : untuk pencuri konten feed menurut saya belum mendominasi terlalu banyak di halaman serp. artinya mesin pencari cukup mudah untuk menentukan yg mana pencuri konten feed & yg mna yg bukan. tentang blog yg sudah berumur tapi postingan sedikit, menurut saya mesin pencari akan menganggap blog tersebut ga pernah ke urus(malas update). yg terakhir, ini pernah memalukan indonesia dimata international mas. pada suatu talkshow bersama mattcuts seorang yg berkerja untuk gugel bidang kualitas hasil pencarian, dalam talkshow nya iya membari contoh suatu konten yg benar2 buruk. baik dimata google maupun pengguna. konten itu ya kaya mas ganda sebutkan di komentar diatas. parahnya konten itu dibuat oleh orng indonesia.

Juragan said...

@ gus ikhwan : sangat sangat lengkap sekali gus ! sangking lengkapnya bisa jadi satu artikel terpisah ;) . terimakasih sudah melengkapi artikel diatas gus. benar kaya katanya mas doyok. beberapa situs auto content yg menghasilkan halaman search result in search result sudah menggunakan parameter yg lebih mengecoh lagi. blabla.com/post/bla+bla+.. < sangat2 mengecoh pengguna(terutama bgi pengguna awam). tapi kok autocontent jrang ditemui di google.com. beda dgn google.co.id. google.com malah cenderung lebih bersih dari samapah web. CMIIWW.

Reza ilmi said...

@ mas doyok : kata bijak yg sangat memotivasi sekali masdoy. apa ini rahasianya ?, blog masdoy kenceng bgt updatenya. mungkin dari semua blog yg sering saya kunjungi. blog masdoy lah yg up2date bgt. ;)

@ kakve-santi : saya rasa gak ada orang yg benar-benar paham seo. mesin pencarikan selalu bergerak dinamis. apalagi dgn populernya real time search akhir2 ini. gak ada ilmu pasti dalam dunia seo saya rasa.

Amdhas said...

postingan saya masih sedikit berarti masik di A

Unknown said...

ikut nyimak ah..para pakar seo brbicara sekalian belajar..

Reza ilmi said...

@ blogger admin : sebaiknya jgn biasakan blogrunning mas, coba untuk baca artikelnya dulu baru komentar. atau mungkin tulisan di artikel blog saya sulit dibaca ? ada saran ?

@ akhdyo : waduh, beneran deh mas akhdyo, saya bukan pakar. kalo saya beneran pakar mungkin saya gak nulis blog lagi. saya akan lebih milih melamar ke kantor google (mimpi ketinggian) ;P

ganda said...

Maksud saya bukan tidak pernah di urus, tapi jarang di urus. Ketika saya mencari "yahoo emoticon for wordpress", saya terdampar ke blog pak Priyadi, yang notabene udah dua tahun tidak pernah dijamah lagi. Bagaimana dengan fenomena ini? Ah, bukan hanya orang Indonesia yang senang nyuri konten, orang luar pun ada. Wong artikel saya dulunya banyak yang comot2. :D

Reza ilmi said...

@ ganda : menurut saya lagi, blog yang kurang diurus masalahnya bukan pada konten2 lama yang akan turun peringkatnya. tapi lebih kepada kemampuan mesin pencari untuk mengindex artikel2 baru milik blog yg jarang diurus tersebut. untuk kasus blognya om priyadi. google mungkin sudah mengganggapnya sebagai artikel paling relevan. banyak faktor yg menentukan hal ini. misalnya tingkat CTR(Click-through rate)-nya. berapa lama pengunjung berada pada halaman tersebut. dll.

4shared mp3 download said...

umur domain, unique content dan suntikan backlink sangat berpengaruh pada persaingan di google SERP.

Reza ilmi said...

@4shared : termakasih tambahannya, sangat berguna sekali untuk melengkapi artikel diatas. oia, bagaimana dgn duplicate content yg terkadang malah berada di atas konten aslinya ?

darahbiroe said...

makasih pak juragan
untuk tips nya
smoga blogq termasuk blog kaya konten
:D

antokcupu said...

aku akan lebih semanggat menggemukkan blogku ahh
hehehe
:D

suranegara said...

wah, harus gila-gilaan bikin artikel nih.. tapi tetep harus yang berkualitas.. tengkiu tipsnya ya gan.. :)

Reza ilmi said...

@ darah biroe, antokcupu, suranegara : terimakasih kembali dan salam kenal. ga harus gila-gilaan. pelan-pelan saja tapi pasti. yang pentingkan artikelnya harus tetap unik dan berkualitas. ;)

arfi said...

wah.. mantap nih tutorial SEO nya.. blog arfi masih sedikit banget postingannya sehingga sampai saat ini masih belum berani mengincar kata kunci pendek.. apalagi blog arfi yang bahasa inggris... ilmu SEO arfi masih dangkal banget soalnya...

Fadel said...

postinganku masih 60 lebih kang blogku
baru 4 bulan, tapi gk tau lumayan bisa bersaing
di google

Puji Antoro said...

Sebelumnya saya minta maaf juragan.
Niat saya sebenarnya hanya untuk belajar saja,sejauh mana dunia blogging.
Tapi,terima kasih selama ini atas feednya.
Feed telah saya hentikan,pada esok hari Senin,5 Juli 2010
salam kenal ya :))

Reza ilmi said...

@ pujiantoro : maksud saya bukan melarang mas membagikan info ke para pengunjungnya mas puji. Hanya saja cara yg mas gunakan malah menghambat index artikel2 saya. Terimakasih sudah mau mengerti ;) salam kenal kembali. Jabat erat keluarga blogger :D

Shudai Ajlani said...

oke deh aku save sob :) oya follow balik aku yaaaa :)

I'm DoFollow said...

Wah.. perlu artikel yg banyak nih biar bisa bersaing..

ganda said...

Sepertinya Bang Juragan ini lebih expert dalam masalah ini dari pada saya. Apakah mas ini berlatar belakang marketing?

ganda said...

Saya sudah bisa menyelesaikan masalah nya. Hadiah lainnya apa nih? Hehehehehe...

Juragan said...

@ ganda : ah bang ganda bisa aja (btw saya masi bocah, anda lebih tua dari saya. jadi ga perlu panggil bang juragan ;P ). saya cuma pelajar biasa yg tertarik aja dgn dunia blog & seo. gak punya latar belakang marketing.

@ ganda :
yeah ! gak heran kalo programmer sekelas mas ganda bisa nyelesaiin problem yg gampang (gampang dari mata seorang ganda kali) gitu.

tentang kode javascript, saya cuma bisa kasi backlink dari artikelnya mxwan dan artikel saya sendiri sebagai link kredit terimakasih.

hadiah lain ? pelajar kaya' saya mah masih bergantung pda volume uang jajan yg bahkan ga cukup bwt bayar tagihan inet :P jadi ga mungkin bisa bayar jasa mas ganda. maaf :(

please :( tell me, apa yg salah dgn kode tersebut ?? please.. (pasang muka belas kasihan(mudah2an mas ganda ga enek))

si Gen said...

Dulu, waktu postingan belum mencapai 100 (pr 1). Saya pernah nembak keyword "ramalan cinta", long tail keyword "ramalan cinta 2010". Kemudian artikel itu dicomot oleh blog rame, PR 4 lagi. Tapi karena sejak dulu saya menerapkan teknik seo (alakadarnya) untuk keyword "ramalan cinta 2010" blog saya masih bisa nongkrong di puncak SERP (bangganya waktu itu)

Beberapa waktu kemudian kebanggaan saya seolah2 luntur karena saya tahu, bahwa blog PR 4 yg copas artikel saya itu nongkrong di puncak SERP dengan keyword yg lebih kompetitif "Ramalan Cinta" :evil:

Sejak itu saya rajin nyari backlink dan terus update dengan nembak longtail keyword saja. Toh, hasilnya lumayan. Setiap bulannya pengunjung blog saya mngalami peningkatan karena artikel saya bagus di SERP.

Beberapa waktu lalu, setelah blog saya memiliki ratusan artikel, saya coba lagi nembak keyword "zodiak". Hasilnya luar biasa, dg keyword itu, blog saya bisa nongkrong di hal1 pos.2, kalah dari untukku dot com (saat komentar ini ditulis dan masih bersaing dg anekayes-online dan kapanlagi dot com berebut pos 2). Bahkan untuk keyword "zodiak minggu ini" sy sudah berhasil merebut puncak SERP dari untukku dot com (sudah seminggu ini), padahal titel postingan saya adalah "Zodiak Remaja" (tanpa minggu ini). Karena itu, sekarang saya agak rajin nembak keyword pendek, haha... :))

ini komentar terpanjang bukan yah??? :D:D (sekedar berbagi pengalaman).

Intinya, saya setuju dengan artikel Juragan yg satu ini. Dan artikel yg di blog Gus Ikhwan mengenai perhitungan backlink dari sosial bokmark itu. Makanya sekarang situs sosbook indonesia sedang menggeliat, Gan. Banyak banget....

karzanik said...

saya belum banyak kontennya mas....
setelah saya baca postingan ini, saya jadi termotivasu utk memperbanyak konten..
makasih mas..

ganda said...

Ah, kalau begitu saran saya, jangan terlalu percaya Mitos-Mitos demikian. Google webmaster guide udah cukup sebagai referensi. Bahkan, Master-master SEO Indonesia tidak menggunakan mitos-mitos lain itu, hanya berpatokan kepada Guideline dari masing-masing mesin pencari karena itulah yang terbaik. Saran dari saya, jika mau sukses di SEO, harus pintar marketing, sebab jika kamu bersaing dengan orang marketing yang kurang bisa SEO sementara kamu jago sejago-jagonya ttg SEO tapi marketing null, kamu akan kalah. :)

Juragan said...

@ gen : contoh kasus yang kembali ikut melengkapi artikel diatas. terima kasih gen udah bersedia menulis disini.
enggak kok, wlau panjang yg penting berkualitas kan. ;) sukses terus ya nembak keywordnya :) btw bagaimana dgn domain barunya ? apa udah launching ?

@ karzanik : senang bisa membantu mas karzanik :)

@ ganda : ini yg saya suka dari bang ganda ! terimakasih sudah mencerahkan. pada dasarnya saya belajar seo cuma iseng aja dan akhirnya memutuskan niche seo untuk blog ini. setelah saya baca komennya mas ganda, saya pikir ada benarnya dan sangat masuk akal. seo kan hanya bagian dari ilmu marketing, terutama online marketing. pada dasarnya, beberapa artikel mitos seo di blog ini saya buat hanya untuk pelurusan yg salah. banyak mitos2 yg malah menyesatkan, jadi saya cari di guidelines untuk mencocokkannya. kalo mitosnya keluar dari garis yg sudah ditentukan google ya saya bikin agar pembaca tidak melakukan hal itu. seperti artikel saya tentang "teknik spamming yg sia2". dasarnya juga dari google. sekali lagi terimakasih nih bang :) . jgn bosen2 kasi sarannya.

Shudai Ajlani said...

mampir sob, salamat siang tetap semangat :) link mu aku udah pajang

Fadel said...

wah saran saya di pakai ya" tampilannya
jadi tambah bagus kang siiplah blogjuragan

ganda said...

Yup. Setahun lebih sudah saya coba2 mitos2 tersebut. Nothing works. Selebihnya setelah saya mengikuti saran google dari guidelinenya, hasilnya lebih baik.

INFOLUSION said...

nice artikel gan :)

planet orange said...

Blog saya termasuk kategori miskin konten, harus lebih giat lagi nih.....

nice share sob..

insurance car said...

agan... mau tanya dikit... apakah blog yg kaya dgn konten namun menggunakan subdomain levelnya lebih tinggi dgn blog yg miskin konten namun menggunakan nama domain top seperti com. Nunggu pencerahaanya sambil dibookmark dulu ah.

Juragan said...

@ insurance car : domain top(terutama dot com) paling unggul kalo keywordnya on domain. bisa dipastikan. hanya dgn beberapa artikel, situs dgn keyword on domain bisa sukses di SERP. jadi salah satu keunggulan top domain ya itu. jumlah posting/gendutnya situs hanya satu dari sekian banyak faktor yg mempengaruhi SERP. lengkapnya baca di googlewebmaster blog.

insurance car said...

wah gitu yah, sepertinya saya mesti ganti lagi deh. Pake yang TLD. BTW, makasih banget nih buat inputnya Juragan.

Jangan Diklik said...

Agak paham sih

IT Training Center said...

artikelnya bagus,
need IT??
http://www.linovtech.com

OkeRemaja said...

Kalau itu sih sudah pasti juragan..
Kalau blog yang mempunyai ukuran besar itu sangat mampu bersaing di SERP.Begitu juga sebaliknya.
Initinya blog ukuran besar pasti sudah mempunyai keyword yang bnyak pastinya.
Maaf komen'a sdikita ngawur.

Anonymous said...

Kalo menurut saya relatif ya mas ya. Soalnya berdasarkan pengalaman sih kualitas konten dan umur juga mempengaruhi, jadi ya ga melulu banyak - banyakan kata kunci

Unknown said...

#Narutopedia Express: lo mental spammer y. Jgn kesini deh...bikin rusak blog ini saja.

#juragan: Hapus tuh comment dari @Naruto. Nanti PR blog ini drop..

Terus, ngomen ttng artikel ini, [sorry newbie]..klo patokan size kek na bertentangan dengan salah satu faktor penentu di SEO dimana Gugel sendiri menganjurkan blog dengan size kecil. Ini untuk mempercepat crawler mengindex & mengCache.
dan, klo memang benar bahwa size besar lebih tinggi SERP nya, sangat mudah dong untuk membuat blog dgn size besar.

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Foto Artis Indonesia said...

wahh saya msih trmasuk blog B . hhehe !!
harus sring nembak long-tail keyword nih . thanks for share mas :D
Foto Artis Indonesia

Reza ilmi said...

@ biyan : size disini bukan ukuran file yg harus diload dari satu halaman. tapi ukuran seluruh halaman. misalnya, sebuah blog memiliki 3 posting, ukurannya akan lebih kecil dgn sebuah blog yg memiliki 200 posting bukan ? CMIIWW :)

Reza ilmi said...

@ foto artis : sama2 mas :)

@ biyan : komentar spam dari si naruto udah dihapus mas. terimakasih pemberitahuannya..pegel tgn saya :(

mungkin si naruto spammer sedang eksperimen :) membuktikan apakah link nofollow dianggap kredit dimata google atau tidak :D

pasang iklan gratis said...

salam kenal tuk semuanya kunjungannya balik yaa..

hasan said...

nice info,..

pola flanel said...

salam kenal juragan...saya baru banget di dunia per-blog-an/per-web-an..info ini sangat bermanfaat buat saya...
mohon bantuannya jika juragan sempet mampir di web saya..Trima kasih

pasang iklan baris tanpa daftar said...

makasih buat infonya

tiaraantik said...

gelar tiker doloe :)).

kumpulan tutorial komputer said...

bener gan, selain padat juga harus bermanfaat

Tanaman Herbal said...

Pantesan gan, blogku susah bersaing untuk keyword pendek. postingannya masih sedikit.

long tail keyword, minimal berapa nilai pencariannya di keyword tool external, gan yg memenuhi syarat buat diambil?

ajurNA said...

wah ternyata selain kwalitas blog, kwantitas blog juga berpengaruh ya..... blog saya masih jauh dari kata banyak.... tapi yang penting tetap semangat dan rajin mengupdate (walaupun tidah rutin)lama2 juga punya kwantitas tinggi

Pasang Iklan Gratis Sebagai Awal Mulai Bisnis Online said...

Itu salah satu pilarnya mas,semoga bermanfaat dan bisa bersaing dengan saingan lainnya di Search engine.

tas wanita said...

waduh baru tahu nih bahwa besarnya space juga berpengaruh terhadap SEO....tk tipnya

Naruto Shippuden 2010 said...

Luar biasa, artikelnya mantap banget pak, bisa nambah ilmu saya tentang SEO, tapi tetap aja saya ndak ngerti2..hehe masih newbie banget nih, mudah2n saya bisa dapetin banyak ilmu di sini. numpang belajar ya pak…

COMPLETE - ALL in One Blog said...

SEO memang suit diterka...
ga paham2 saya...

dani said...

oh gitu ane jadi sedikit ngerti
trims tipsx

belajar blog pemula said...

gan...ane jadi muter2 di blog entenihh...malum banyak yang masih blm ngerti... bagus juga nihh tips nya

hasan said...

mksh banyak atas pengetahuannya,..

Yu-dY™ said...

Sy update 3x sehari bagus ngak yah?

Mahesa Jeunar said...

Wah, makasih Gan informasinya :) esagelo

Nursing Scholarship said...

Nice info sir :) Nursing Scholarship 2011

Nursing Scholarship said...

Nice info sir :) Nursing Scholarship 2011

Nursing Scholarship said...

Nice info sir :) Nursing Scholarship 2011

learn html said...

sy akn sering update postingan biar ukuran blog jd besar.. he he he..
nice info

Seminyak Villas said...

jadi, untuk blog baru sebaiknya menargetkan long-tail keyword? benar begitu?

sewa komputer said...

wah bagus banget nih situsnya
artikelnya juga bagus loh
thnks infonya yah...sukses selalu bro

real application said...

bagus sangat membantu..

Lukisan Termurah said...

blog saya berapa ya dan masuk kebesar pa kekecil ya?
kalo besar saya bisa bersaing nih...
thanks gan infonya...

boy said...

Bener juga ya sob... blog yang kaya konten akan lebih diutamkan oleh serch engine ,

Best Real Estate said...

oke2, mantap deh tipsnya...
langsung ane praktekin ahhh..

Business and Finance Growth said...

keren euy nasihatnya kang...
harus kudu dicoba nihhhh..
:))

Grosir Baju murah said...

Selamat pagi dunia, ku menyambut pagi ini dengan senyum :D

grosir batik SoLo said...

Nice post kawand

Grosir Baju MusliM said...

Happy blogging :D

Grosir Baju anaK said...

Thxz infonya, smoga membantu

PeLUang Bisnis samPIngaN said...

Selamat pagi, keep blogging

improve search engine rankings said...

great tips!

Edit foto di Photoshop said...

Ya karena jumlah total kata kunci di blog yang banyak posting lebih besar mungkin........

Kecil jadi kawan, besar jadi lawan said...

Pendapatku Sama gan.. Setiap postingan punya link sendiri jadi dapat backlink otomatis dari setiap artikel

mobile themes said...

hadow...jadi blog ane kecil semua donkz....

jasa seo said...

I am wondering how is this possible? Can you explain more details in your blog post. It will be more useful.

widi said...

wah juragan yang satu ini layak dijadikan salah satu sumber ilmu, salam kenal, numpang berguru, mohon diterima

aryanto said...

aduh duh ,,,,,ternyata gtu to mas ..akan saya usahakan posting tiap hari supaya blog ku berukuran XXXL heh makasih tipsnya

Imam Fahruddin said...

intinya, butuh kesabaran untuk selalu konsisten menulis konten secara periodik, apa gitu ya?

alat ukur kadar air said...

berarti blog saya kalah bersaing nih karena hanya memiliki 3 postingan saja

-alat ukur kadar air

pest control North London said...

I read your blog when I was in Quebec. I bookmarked your site and read your post again when I reached CA after I purchased my new ed online computer. The site is excellent and looks the best in new!

james said...

info baagus...izin nyimak.masih newbe,dari beberapa komentar sepertinya sudah bisa di pahami long tail dulu untuk newbe sep sy ini...

jus kulit manggis said...

ohhh.. jadi bgtu yahh
mksii infonya gan.. saya msih bingung2 nih . heuheu

KNOWLEDGE ABOUT COMPUTER said...

Gan, kalo post-annya masih dikit tapi size blognya gede karna widget, itu masuk ke yang 'A' atau 'B' ?

Jasa Seo said...

ternyata memang benar bahwa kualitas konten masih terdepan bila dibandingkan dengan backlink.

Perawatan Wajah said...

konten is king ya

Pratama said...

ndak juga tuh

hartanjayalanglang said...

algorithm google itu memusing kan kang,
http://www.ptc-news.co.cc

Blognya Si Imin said...

kalau kaya konten juga bisa bikin loading lambat kan?? jadi yg sederhana aja deh ^_^

zodiak minggu ini said...

emang mantep...
mulai sekarang mari memperkaya konten
xixixix

belajar said...

owwww jadi gitu juragan .harus belajar banyak ni

cara menghilangkan jerawat said...

yang penting kontennya halal.
hehe

DESIGN said...

KEREN KEREN :D

Blog Mantap Donk said...

Artikel ku / postinganku udah 300 an lebih

mantap

Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik said...

wah postinganku baru 80an

pesawat tempur said...

sepp, saya setuju..

Pakar Internet said...

Berkunjung Gan !
Jangan Menipu Google ADSENSE
Selengkapnya baca Disini!

obat herbal alami asam urat said...

info yang bagus nih gann...
semoga bermanfaat juga bwt yang lainnya....

Unknown said...

wah manfaat banget ni tutornya makasih ya kk,,jangan lupa kunjungan ke blog aku juga ya
klik disisi

lemah syahwat said...

makasih ya atas infonya

Komplikasi said...

Makasih nih informasinya salam kenal gan moga sukses terus...

Anonymous said...

artikelnya keren2..
bisa langsung di praktekin, gampang lagi terjemahinnya..
keep bloging mas..

Unknown said...

Infonya mantap gan :)

Kamal Faizal said...

blog saya masih kategori B nih mas.
memang benar search term yang masuk kebanyakan long-tail keyword.
harus pindah aliran ke kategori A kayanya :D

obat herbal leukemia said...

berarti semakin banyak artikel maka blog juga akan semakin bagus yah gan?

obat herbal penyakit ginjal said...

harus rajin ngeblog sama update artikel nih biar blog nya semakin bagus.

xamslimer said...

artikel yang bagus...
semoga bermanfaat untuk orang banyak.

obat herbal penyakit diabetes said...

butuh perjuangan nih supaya blog nya masuk golongan blog A....

Hidup Sehat said...

baru rajin update posting 2 bulan ini.. baru dapat 50 postingan fresh.. perjuangan juga ya.. huf

sikoplac said...

wah gtu ya.. harus lebih rajin nulis nii kk.. hehe
salam kenal dari bloger baru.. :D

WAhyu said...

Artikelnya sangat membangun gan!!! ,,,
Mohon sarannya blog ane tuh udah posting seratus lebih kok pengunjungnya blum 1000an visitor keatas ya
ada master yg jawab mohon bantuannya

Lufisdeat said...

mantap mas aritkelnya dapet ilmu baru nih saya visit back yah mas mempercepat buffering youtube

obat kanker prostat said...

hemp..jadi untuk menjadikan kata kunci yang lebih komfetitif harus memiliki dulu jumlah potingan yang besar ya..
oke deh gan terimakasih banyak buat informasinya.

Ferry Maulana said...

weh mesti rajin posting!
thanks mas saya mau banyakin post lagi! :)

Download Music Gratis said...

artikelnya keren2 juragan,,,,

slimming capsules said...

Artikel yang bermanfaat nih...,
Jadi harus rajin nih update blog.
makasih infonya...

Tbc said...

makasih bnget artikelnya gan..

penyakit flu tulang said...

makasih infonya gan..

penyakit herpes said...

membantu sekali niihh artikelnya..

penyakit maag kronis said...

keren2 niihh artikelnya..

Payout Harian said...

Kalau soal ini saya baru tau..
Makasih penjelasannya..
Soalnya selama ini mengandalkan keyword-keyword pendek..
padahal blognya termasuk blog kecil..

ViperGoy said...

Total artikel ane dah 78 an nig gan == perlu dikembangin deh

alat dewasa said...

jadi intinya kita harus banyak artikel ya biar di anggap banyak pengalaman.

Biodata JKT48 said...

Terima Kasih Informasi yang anda berikan =D
Sangat berguna sekali bagi saya ^^

Semoga blog anda sukses =D
Terima Kasih

Abed Saragih said...

Terkadang bagi saya agak sulit mempertahankan serp ini karena mungkin pengaruh algoritma google.

CARI PASANGAN ONLINE said...

Thanks for the good writeup. It in fact was once a enjoyment account it. Glance complex to far added agreeable from you! By the way, how could we be in contact?

Obat perangsang said...

boleh lah di coba

sayang anak said...

berarti harus rajin menulis ya?

Digital Areas said...

saya juga sudah menerapkan penggunaan long tail keyword untuk artikel-artikel di blog saya.. bermanfaat kok ternyata

Ini Indonesia said...

Makasih gan.. hrus mkin sering update nih.. hehe

Anonymous said...

masukan yang bagus sekali gan
:D

jasa website pekanbaru said...

informasi muantap gan, thank2

Versi On The Spot said...

Youre so cool! I dont suppose Ive learn something like this before. So nice to search out someone with some authentic thoughts on this subject. realy thank you for starting this up. this web site is one thing that's wanted on the internet, somebody with a little bit originality. helpful job for bringing something new to the internet!

Dana Tunai Jogja said...

Setuju banget! Sudah saya buktikan sendiri, untuk blog saya sendiri, hanya berisi konten 1 page saja, untuk keyword pendek yaitu terdiri dari 2 kata, blog saya di luar page 1 Google. Namun untuk longtail keyword yang terdiri dari 3 kata atau 4 kata, blog saya ada di 3 besar, bahkan ada yang no. 1 di Google.

SEO Tutorial said...

mantap

JEO Blog said...

setuju juragan, seo sekarang lebih berpengaruh ke update posting..konten berkualitas..baru kemudian backlink...salam seo

Unknown said...

thanks for these info. visit our web on Training Center Semarang.
please comment to improvement.

success for you all.

Kami Melayani :
Training Motivasi ,Seminar Motivasi, ,Training Outbound, Training Karyawan, Inhouse Training, Jadwal Training, Seminar Bisnis, Training Entrepreneur, Motivasi Karyawan, Inhouse Training Proposal, Jadwal Training 2013, Training Semarang, Training Jogya, Training Pekalongan, Training Malang, Training Surabaya, Training Madiun, Seminar Syariah, Training Kudus, Training Tegal, Outing perusahaan, Lembaga Outbound Training, Training Bandung, Training Makasar, Training Balikpapan, Training Sampit, Training Pontianak, Training Sragen, Training Ungaran, Training Salatiga, Seminar Brebes, Training Jepara, Training Banyumas, Training Purwokerto, Lembaga Outbound Training Jogya, Outbound Training Bandung, Outbound Training Makasar, Outbound Training Balikpapan, Outbound Training Sampit, Outbound Training Pontianak, Outbound Training Sragen


obat kuat sex said...

wah jadi jumlah postingan pengaruh juga ya gan

Template Booklet Company Profile said...

hemm, jdi gitu ya :O
thanks sob :D

cream walet said...

oke terima kasih gan artikelnya

jual jaket online said...

sangat sepakat mas dengan artikel ini :)

obat alternatif infeksi prostat said...

info yang berguna, makasih...

obat pembesar penis said...

oke gan terima kasih banyak

downloadfilm said...

thanks gtan, kaya konten lebih keren kyaknya . . .

desain company profile, booklet, company profile said...

nice post
sukses selalu

Catering Pernikahan said...

nice artikel

Jasa Penerjemah said...

ijin praktek gan

info jual beli said...

mantabb juragan

kantor ace maxs bekasi said...

infonya luar biasa sekali sangat bermanfaat
semoga sukses...
saya tunggu artikel selanjutnya

Jual Sepatu Sneakers Murah said...

setuju banget sama ulasannya..
content is kings

obat tipes said...

informasinya sangat bermanfaat sekali...
terimakasih banyak atas informasinya
semoga semakin sukses......

bali villas said...

Kesimpulan website dengan konten yang sedikit akan kalah dengan website portal, sebagai contoh website untuk villa akan kalah saing dengan website ota, apa ada cara untuk mengakalinya..??

obat kutil kelamin said...

makasih bgt gan, artikelnya sangat membantu

projector infocus said...

makasih infonya gan

misiane said...

mantap gan, ikut nyimak aja gan ga bisa ikut menambahkan, ga basa-basi artikelnya bagus-basgus

perkofashion said...

thanks for share gan. artikelnya manfaat banget

Anonymous said...

Permisi... numpang baca-baca......

Unknown said...

ngeposting aja jarang gan saya , huhu , gimana mau kaya konten , hikz

Template Booklet Company Profile said...

makasih buat infonya

Anaktimor17 Blog - Free Blogger Tips Tricks said...

blog saya baru 4ratusan artikel hehe..lumayan PR 2

Anonymous said...

nice info gan !! hampir lengkap artikelnya
Hadrian Blog | Informasi Baru | Sejarah | Fantastik | Gaya Hidup | Wisata | Misteri | Unik dan Menarik | Aneh dan Konyol | Tips Bermanfaat | Tentang Blogging
Recomended pokoknya ! cepat jaya gan !!

Trivium Apartment di Cikarang said...

konten adalah raja... selamanya tak akan berubah!

Seo Blogging said...

Arif Rachman Hakim
Blogger Tutorial
Seo Blogging
Seo Blogging ~ Arif Rachman Hakim
Arif Rachman Hakim
Blogger Tutorial
Dek Arif
Dek Arif ~ Arif Rachman Hakim

Arif Rachman Hakim
Blogger Tutorial
Seo Blogging
Seo Blogging ~ Arif Rachman Hakim
Arif Rachman Hakim
Blogger Tutorial
Dek Arif
Dek Arif ~ Arif Rachman Hakim

Dek Blogger said...

Dek Blogger
Dek Blogger ~ Arif Rachman Hakim
Arif Rachman Hakim
Sulitnya Membangun Blog Baru

Sulitnya Membangun Blog Baru ~ Dek Blogger

Mobil Sedan Corolla said...

Mobil Sedan Corolla
Camera co id Toko Kamera murah di Indonesia
Mobil Sedan Corolla
Mobil Sedan Corolla
Camera co id Toko Kamera murah di Indonesia
Mobil Sedan Corolla
Camera co id Toko Kamera murah di Indonesia
Mobil Sedan Corolla
Mobil Sedan Corolla
Pendukung SEO

Jasa Pembuatan Huruf Timbul dan Neon Box said...

Terimakasih gan, nice info :)

Anonymous said...

Mantap gan nitip blog ane y

http://sharing777.blogspot.com/

Obat Penyakit Polip Rahim said...

Nice info

Unknown said...

nice info

Canon Printers said...

hadehh,, kanapa baru ketemu artikel ini,, saya sekarang sering optimalisasi keyword pendek juragan, kaya canon printers ini,,padahal masih newbie, makasi juragann ,, tpi saya akan memaksakan diri untuk nembak short tail :)

ada quote ni juragan

Hati-hati mas kalau asal menambah artikel, karena menambah artikel artinya memperluas kolam....dan itu berarti nanti mas

perlu memperbanyak air untuk mencapai ketinggian air yang dibutuhkan di setiap bagian dari kolam itu.... Air di sini adalah backlink....


Herbal Bau Badan said...

keren gan, thanks infonya

Jual Batu Permata said...

oke nih, mantap

belajar membuat web said...

info yang sangat bermanfaat buat saya yang masih newbie dalam dunia web, semoga saya bisa mengambil manfaat dari artikel yang berkualitas ini serta bisa menambah pengetahuan. terima kasih mastah atas artikel artikel berkualitasnya.

Desain Company Profile said...

terimakasih infonya, salam kenal :)

Cara memperbesar penis said...

EXTENDER JILQ ADALAH CARA MEMPERBESAR PENIS TERBAIK.
JADI TIDAK ADA YG LEBIH BAIK DARI EXTENDER JILQ...

KUNJUNGI SEGERA

www.extenderjilq.com

Template Booklet Company Profile said...

Terima Kasih buat infonya gan

«Oldest ‹Older 1 – 200 of 248 Newer› Newest»

Post a Comment — or Back to Content