Belajar SEO Blogspot, Teknik SEO Blogspot, Blog SEO Tips, SEO Friendly Blogger Template

Bagaimana Cara Bertahan di SERP walau Jarang Update Blog?

Cukup lama jeda waktu antara posting kali ini dengan artikel sebelumnya (Kapan Navigasi Breadcrumb dideteksi google?). Selain karena kesibukan pribadi, Juragan sebenarnya juga sedang sambil melakukan percobaan. Percobaan kali ini menyangkut pertanyaan, Benarkah google lebih menyukai blog yang sering update dibandingkan dengan blog yang jarang update?

Seperti yang juragan tulis dalam artikel 3 pilar utama dalam teknik SEO 2010, frekuensi update posting merupakan salah satu pilar penting.

Namun demikian, harus ada pembuktian akan hal itu. Untuk itu juragan sengaja tidak update posting untuk jangka waktu yang cukup lama, sekitar 1(satu) bulan tidak update posting.

Apakah perkembangan blog ini negatif atau malah positif?

Hasilnya cukup aneh, perkembangan blog juragan malah menunjukkan grafik yang meningkat (berdasarkan data google analytics dan alexa). Beberapa katakunci pun malah tetap pada posisi dimana saya meninggalkannya, Bahkan beberapa malah meningkat posisinya. Artinya SERP blog ini tetap stabil, dan itu tanpa optimasi sama sekali (maksudnya tanpa penyuntikan backlink sama sekali).

Apakah google sudah tidak peduli lagi dengan frekuensi update?

Jika mengambil kesimpulan seperti itu masih terlalu cepat rasanya, apalagi fitur baru google, realtime search, peringkatnya disusun berdasarkan waktu terakhir kali posting.

Jadi, mari kita ambil kesimpulan lain, Google tetap menjadikan frekuensi update posting sebagai salah satu faktornya. Akan tetapi, jika suatu blog dianggap tetap memiliki manfaat bagi para pencari, google akan tetap mempertahankan rangking blog tersebut, walau blognya jarang update.

Intinya, buatlah pembaca merasa artikel sobat benar-benar bermanfaat & merasa betah berlama-lama di blog sobat. Dengan begitu, seandainya google juga memperhitungkan waktu lamanya seorang pencari membuka suatu halaman, blog sobat akan lebih mudah untuk bertahan di SERP jika pembaca betah berlama-lama di blog anda.

Apa yang harus dilakukan agar blog dapat bertahan di SERP?

Agar blog tetap memiliki jumlah kunjungan yang positif walau blog jarang update, Buatlah artikel-artikel pilar. Arti artikel pilar disini adalah artikel yang tetap banyak dicari orang setiap harinya walau trend telah berubah. Caranya bisa dengan menargetkan katakunci abadi (kata kunci yang selalu dicari orang setiap harinya, lawan kata dari katakunci musiman).

Selain itu, Agar dapat dengan mudah mempertahankan posisi di SERP, Blog sobat harus memiliki jumlah backlink yang cukup dengan Anchor text sesuai katakunci yang ditargetkan. Ini ilmu lama yang masih ampuh sampai sekarang. Walau bagaimanapun, Backlink tetap menjadi jiwa SEO itu sendiri dari zaman ke zaman.

Penutup

Juragan bisa saja salah. Oleh karena itu, bagi sobat pembaca blog ini, jika secara logis dan penalaran sobat kurang setuju. Mari kemukakan pendapat sobat melalui kotak komentar, mungkin saja setelah berdiskusi dapat diambil kesimpulan yang lebih baik. :)

Akhir kata, Sampai jumpa diposting Belajar SEO Blogspot berikutnya :)

Update: Google tidak mementingkan frekuensi update

Pertama terimakasih kepada agan anonymous, dari komentarnya, juragan akhirnya mencari petuah lagi digoogle dan menemukan bahwa google tidak mementingkan frekuensi update sebuah blog, mungkin beberapa sobat tidak percaya, tapi ini pernyataan om matt cutts sendiri dalam salah satu video dari Google Webmaster Help di youtube. Mungkin topik ini akan menjadi bahan artikel SEO selanjutnya. Juragan akan coba bahas dipostingan tersendiri agar lebih detil.


Suka artikel ini?

Recommended Posts :

765 komentar — Skip ke Kotak Komentar

cHugy - gOgOg said...

Saya setuju dengan postingan ini.... Kadang untuk bertahan di serf kita harus membuat postingan yang kiranya bermanfaat biar visitor tetap betah masalh update juga saya rasa perlu tapi usahakan bikin postingan yang bermanfaat dan banyak di cari.

Sukses selau

Visio said...

Backlink tetap penting, menurut saya itu yang harus di bangun dulu, pernah jalan-jalan liat blog yang tanpa artikel satupun didalamnya tapi pr nya tinggi. Kelebihannya cuma di backlink. Blog yang aneh????

akurnews said...

wah/ mantep coy..

Anonymous said...

update gak ngaruh ke google, dan google tdk memperhitungkan waktu lamanya seorang pencari membuka suatu halaman.

suer gan.

Reza ilmi said...

@ Chugy,Visio dan akurnews : Update posting tidak dipentingkan oleh google mas, om matt sendiri yg bilang. Setelah penjelajahan lebih dalam lagi di google dapat info tersebut. Nanti saya usahakan posting tentang hal ini di artikel tersendiri :)

@ Anonymous : Komentar yg mantep bgt gan :) saya sudah pelajari lagi, ternyata bener yg agan bilang. terimakasih sekali lagi ;)

btw topeng anonimnya boleh dibuka kok :) gpp.

Tips Kesehatan said...

Tapi Mungkin dengan sering updatenya blog kita, keyword2 jadi bertambah gan. Bner ga??
O ya, knapa ya beberapa tulisan saya, kalo masih di page utama blog, di gugel bisa tinggi bgt, tapi kalo uda masuk page 2 dst, di gule jadi anjlok. Apa karna sy pasang DAFTAR ISI yg nampilin title doank gan?

Juragan said...

@ Tips kesehatan : yup bener bgt gan taopik :) setiap satu artikel baru digoogle samadengan membuka satu jalan baru di google (ini kalo kata mas doyok).

Kemungkinan paling besar, jumlah backlink menuju artikel-artikelnya blog mas taopik kurang cukup. atau kurang optimasi tersendiri pada bagian post karena terlalu sibuk mengoptimasi halaman utama. coba aja submit post2 blog mas ke situs2 bookmarking, buat kasi semacam "sundulan" ;)
CMIWW

Aditx said...

Kalau untuk posting Update saya rasa tidak terlalu perlu . . Mungkin Posting bermanfaat mas :D karerna bagaimanapum Postingan tsb akan selalu dibutuhkan oleh netter.

Unknown said...

Update memang bukan jaminan google meranking situs dalam halaman teratas dari hasil pencarian, tetapi update tentu saja penting dengan tujuan menambahkan keyword baru & tentu saja visitor datang u/membaca content2 terbaru dari blog yg terupdate.

Itu yg dikatakan o/ Jonathan Leger di bukunya "weblog Search Engine Myths Exposed"

Ryan Blog said...

bener bgt tuh juragan. Liat aja blog trik-tips.blogspot.com. Gak pernah update sjak brtahun2 yg lalu tp msh aja di SERP pertama. Uda gtu alexanya naik trus lg.

OgahRugi said...

kekuatan web itu berada pada content yg kita input setiap harinya atau secara berkala.. visitor hanya menginginkan berita fresh, agar pengetahuan mereka bertambah. seperti layaknya news yg setiap harinya berubah. semoga bermanfaat thanks informasinya,.

iskandaria said...

Hahaa. Saya cukup setuju jika frekuensi update tidak mempengaruhi SERP. Buktinya, blogspot saya (kafe28) sempat tidak diupdate selama 2 bulan, tapi SERP pada beberapa keyword andalan tidak tergoyahkan tuh. Contohnya keyword "pelawak termahal Indonesia", "presenter terbaik Indonesia", "soundtrack take celebrity out Indonesia", "soundtrack take me out Indonesia", "Rekayasa Termehek-Mehek Trans TV", dan beberapa lagi.

Benar sekali, faktor yang tak kalah penting dan sangat menentukan yaitu frekuensi klik dari pengunjung (dari google) dan juga lamanya mereka berada di posting tersebut. Termasuk jumlah IP unik yang mengklik postingan itu dan returning visitornya. Saya yakin, algoritma perangkingan SERP google juga mengandung unsur-unsur tersebut. Jadi algoritma google cenderung mengikuti pola alami manusia yang menyukai suatu konten.

Juragan said...

@Aditx : Update posting tetap saja perlu mas adit, minimal untuk para pembaca yg selalu menginginkan konten fresh, untuk para pelanggan feed. Untuk menambah keyword baru digoogle, dll. Hanya saja, tidak harus terbebani jika tidak update blog, karena google tidak akan memberi hukuman jika hanya karena si admin lagi malas buat ngupdate ;)

@Biyan : Tambahan yang sangat bermanfaat bro biyan, terimakasih ;) btw bukunya perlu dibaca nih. Googling dulu ahh :)

@Kang Uchiha : iya kang, salah satu contoh yg bagus. blognya mas kendhin itu memang sudah sangat lama tidak diupdate. tapi hampir semua postingnya bermanfaat :)

@Ogahrugi : Bener bgt mas. saya sangat setuju tentang hal itu. Hanya saja, kebanyakan admin blog saat ini selalu dihantui ketakutan akan dihukum google jika tidak update blog(padahal tidak demikian). akhirnya kualitas konten menjadi taruhannya :)

@iskandaria : yup, blogspotnya mas is juga salah satu contoh yang sangat bagus. pengunjungnya masih di grafik yg positif terus ya ? kenapa tidak dipasangi iklan ppc saja :)

Saya sebenarnya juga punya pemikiran yang sama. seandainya jika saya berada dibelakang google, saya akan membuat robot crawler yg punya kemampuan yg sama dgn manusia untuk menilai yg mana konten yg baik & buruk. Tapi ada yg bilang, bahwa robot google yg mempunyai kemampuan tau segalanya tentang kebiasaan user hanya sebuah mitos. Ah, yg penting buat saja konten yg benar2 menarik pengunjung untuk datang kembali sudah cukup rasanya ;)

lvldoom said...

Proof, asal kontennya berkualitas, ga perlu sering2 update :D

biyan said...

"Saya sebenarnya juga punya pemikiran yang sama. seandainya jika saya berada dibelakang google, saya akan membuat robot crawler yg punya kemampuan yg sama dgn manusia"

Saya kira kecenderungan untuk itu sudah ada. Artikel menarik yg sempat membahas ttng itu bisa dibaca di » http://desaindigital.com/pemikiran-sederhana-tentang-seo/

Itu yg membedakan Google & SE yg lain...mungkin :D

cargo balikpapan said...

Bisa juga sih Gan..blog ane punya kata kunci yg sampai sekarang SERP msh di posisi 1..walaupun beberapa minggu gak update..

Computer Laptop Notebook said...

Luar biasa, artikelnya mantap banget pak, bisa nambah ilmu saya tentang SEO, tapi tetap aja saya ndak ngerti2..hehe masih newbie banget nih, mudah2n saya bisa dapetin banyak ilmu di sini. numpang belajar ya pak…


Oia Skalian Met Idul Fitri, Minal Aidzin Wal FaIdzin, Mohon Maaf Lahir dan batin Ya Pak..

Blog Pengembangan Diri | Motivasi Sukses | Tips SEO | Blogger Tutorial | Download e-Book Gratis said...

oh gitu toh gan, tapi saya yakin sebaliknya, semakin kita update secara rutin, maka semakin kuat juga posisi kita di mesin pencari :D salam kenla yah gan en ditunggu kedatangannya di blog ane yg sederhana :D

wayan primartyawan said...

seberapa pentingkah yang kita tawarkan sepertinya sangat mempengaruhi

Twins Photography Bali"

Anonymous said...

bagaimana menjadi yang terbaik, walau itu butuh pengorbanan

http://arisanbareng.blogspot.com/

camsia

obat alami asam urat said...

wah juragan kenapa blognya menjadi nofollow

Alas Tengah said...

Mantaf ni informasi gan....

Juragan said...

@ obat alami : coba baca disini mas alasannya ;)

hasbi said...

yg saya tagkap dari tulisa di atas adalah "buatlah konten pilar da kata kuci musiman. saya juga perah baca kata2 seperti itu, itu saya baca di ebooknya Yaro Starak. taks infonya, saya jarang menemukan blog seperti anda

Blog Peluang Bisnis said...

Thanks untuk sharingnya..saya setuju dengan pemikiran Juragan tentang long time keyword..keyword musiman bagai artis dompleng di suatu media, tanpa kemampuan tertentu. katakanlah beberapa bulan saja terkenal. lama kelamaan menjadi "pernah terkenal" . bukan begitu Juragan ?

Blog Peluang Bisnis |Luxury Perfume, Jual Parfum Original dan Murah

barita bola terkini said...

wah/ mantep bos..
lagi baelajar ni..

hasan said...

mksh atas sarannya,..

Bonuspulsa said...

Mantap bos. Ini pencerahan. Kadang saya khawatir ;oh tidak update blog. Akhirnya buat artikelnya buru-buru dan tidak optimal. Thanks ya infonya

All Information About Forex said...

jadi intinya pilar itu yang terpenting backlink ya, info yang menarik dan cukup menambah pengetahuan, mungkin bisa menjadi acuan untuk blog saya agar bisa lebih baik, terima kasih infonya

sukses selalu

no action no money said...

Pada dasarnya saya setuju dengan semua pendapat diatas, tapi ada yang perlu kita garis bawahi, dan kita harus kembali kepada fungsi blog sendiri, sebagai sarana aspirasi untuk menuangkan segala ide dan gagasan. Jangan sampai kita terjebak pada hanya mengejar peringkat, tapi kita tidak memperhatikan pengunjung... jangan sampai mereka bosen dengan tampilan yang itu terus.. tanpa update... mohon dikoreksi. suwun.

toko online said...

keliatannya yg paling penting jumlah backlink deh

aditaryo said...

Sangat Inspiratif dan memberi motivasi bagi saya agar lebih bersemangat untuk berkarya. Makasi yah mas info artikelnya, mnurut saya backlink sangatlah penting :)

gayuh said...

jadi diutamakan artikel yg peka jaman ya bung

Cara Mengatasi Sembelit said...

namun blog tanpa update apa asyiknya ya? kita ngeblog untuk mesin atau untuk manusia ?

sekarung said...

wah kok maknyus potingane bos... belajar dari mana nih? hehe

Siapa ya said...

i agree,,

bedroom interior said...

blog walking....biar kuat back linknya...

Asuransi Syariah said...

Suda tak coba dan sukse.... mau titi backlink disini akh... xixixi

boy said...

backlink adalah yang paling bagus dalam sebuah blog, semakin banyak backlink mungkin tetap bertahan di serp

zodiak said...

bner bnget om,,hehe,,sumbangannya ya

agus said...

akur aja deh.....yg jelas stlh praktek ilmunya juragan, kunjungan ke blogku meningkat, makasih ....agan.....

wakakak said...

Kok sekarang googlenya gak update2 PR bos ?

Hari said...

Artikelnya bermanfaat banget gan

keep share yak

Badr said...

mantap sobat. terus bertahan blognya. sudah bagus sih blog anda.

ZODIAK 2010 said...

wah nice post,,,sumbangannya om,,,hehehhe

TAUFIK said...

nice post
http://taufikolegune.blogspot.com/2010/11/ramalan-zodiak-8-14-november-2010.html

Beben Koben said...

kalo sebagai bloglang nih, kalo boleh menuturkan...
memang benar apa kata matt cutts update postingan gak ngaruh (kt yg punya opini)...
Pertanyaannya...Coba saja jangan update setahun yg sudah bagus tuh SEO-nya, berani gak? gekgekgekgek...
SEO is still is a mystery...
Sampe jauh ngebloglang ke ahli² script, tetep kalo maslah SEO *Buteq...*

osmikanal said...

nice post ..mantaps ne infonya. thanks

seo irfan said...

benar mas, kita harus membuat pengunjung dari search engine betah lama-lama berkunjung diblog kita sehingga traffik akan terus mengalir dari searc engine walaupun kita tidak mengupdate blog kita. Salah satu caranya adalah dengan memberikan link di dalam artikel ke artikel kita yang menarik atau index artikel.

zodiak said...

nice post....

http://zodiaks.blogspot.com/2010/11/puisi-patah-hati-karena-cinta.html

zodiak said...

nice post

Blogging For Fun said...

SERP cuma berguna buat Publisher, kalu cuma ngeblog unruk happy fun, ga ngaruh kali ya...

Pulsa Elektrik said...

Klu saya beragam artikel tetap penting. Bukan untuk SERP tapi untuk trafik (ragam keyword)... Sayang belakangan mulai kehabisan ide untuk artikel, coz blog saya memang untuk bisnis pulsa elektrik :P

Kunci Blogging said...

Terimakasih infonya.
saya pernah baca seperti ini di dailyblogtips.
saya rasa seperti itu memang. trafficlah yang menentukan.

Grosir Baju anak said...

selamat pagi

seragam batik said...

salam kenal

BAju muslim Murah said...

kunjungan pagi

agung daniel said...

menurut saya postingan tetap perlu, tapi juga harus dipikirkan mengenai postingan yang berbobot sesuai kata kunci dari blog kita. jadi jangan asal sembarangan. terus yang paling penting adalah keyword density. Menurut saya Keyword Densitylah yang memegang peranan penting.

service komputer said...

mantab tutorialnya, ijin copy paste ya.

Cara Cetak Pas Foto said...

Pengalamanku : Update masih berpengaruh saat ini dan ini terbukti pada blog saya. Kedua optimalisasi keyword pada posting yang telah ter-publish juga masih sangat handal untuk mendapat kan SERP ....

zodiak said...

nice post

ramalan said...

nice post..

Modz said...

wah makasih ne soalnya saya baru di blogspot

blog o-on | mobil terbaik said...

wah.. berarti meskipun jarang update yang penting content blog kita tetep harus relevan ya sama keyword yang di tembak??

Aku Bicara said...

Menurut saya dua-duanya penting. Dua-duanya menantang. Untuk selalu update kita perlu mencurahkan waktu dan pikiran, karena ternyata menulis itu tidak mudah (bagi saya). Kalaupun tidak selalu update, membuat tulisan yang berkualitas juga sama tidak gampangnya

The Genuine Idea said...

I think you're right. Visitor will visit back if our content are good

bisnis tiket pesawat said...

bermanfaat sekal ,,
saya sedang mencari artikel ini nichh

sewa laptop said...

makasih infonya bos… patut d coba neh

awang said...

wah makasih informasinya gan, tambah pengetahuan nih

reinz said...

jadi gmn kalau kita postingnya sebulan sekali?
apa tdk berpengaruh y?

Lukisan Termurah said...

menurut saya update gak ngaruh ke google, dan google tdk memperhitungkan waktu lamanya seorang pencari membuka suatu halaman.

Kumpulan Bisnis Online Indonesia said...

Terima kasih sebelumnya...
Walaupun saya sebenarnya tidak terlalu nyambung...maklum pendatang baru....

KODAK said...

mantaff share nya gan,
ga susah cari posting tiap hari lagi ni

MANFRO said...

baruu tau nieh

LOVE said...

salam kenal gan,
itu berlaku di smua web/blog gan? forum?

FUNNY said...

praktekin dulu deh gan,
thanks yah

MP3TERBARU said...

sip deh blog mp3 ane ga susah update tiap hari ni

scann said...

ini nih yang di cari gan,
thax ya
salam kenal blogger indonesia

sequen said...

beneran bisa nih ?
ada yg udh coba?

christmas said...

keren juga nih,
boleh dicoba

Esha Putra said...

yups, saya setuju sob...
buatlah pembaca berlama2 di blog anda menggunakan tulisan yang bermutu dan berguna..

Pencari Kebahagiaan said...

Maksih banget kang...
saya jadi ngerti soal Google Behavior...
:)

Era said...

artikelnya mantap gan :)

keep share yah

baja ringan said...

Benar2 informasi yang sgt berguna, sebelumnya sy tidak mengetahui mengenai hal ini, tks

Baca News said...

Thanks artikelnya mantap...
Syng ane mash newbie hehe ^_^

redhy uii jogja said...

makasih infonya gan...like this...

Best Real Estate said...

nice share gan..
hehehehe..
mbah google emang moooyyyyy...

Thousand Island Travel said...

mantapppp gan!!!
keep posting yaaaa...

tips SEO, tips facebook, tips komputer said...

coba ane tampung ya sob infonya, ane juga suka main SEO, artikelnya menarik ...

diskon gila disdus.com said...

Thanks untuk artikelnya gan,..
sekarang ada diskon gila disdus.com

Berik said...

Terima kasih. Ilmu yang baik bagi kami. Saya baca dan saya pratekkan. Maklum blogger baru. thanks berat Gan...

Pressure Regulator said...

wah,, informasi yang up to date, dimana sebagian orang masih percaya dengan frekuensi posting. makasih banyak gan.

Venny Unida Lugara said...

Oh.........begitu ya..........kalo gitu jarang2 update gk jadi masalah dunk........hi.........hi.........hi........

Bisnis Fantastis said...

Enteng banget nih sobat loadingnya blog nih apa resepnya ya...? lalu kalau saya pribadi menyimpulkan perbanyak artikel pillar supaya para banyak manfaat wat visitor kalau sudah begitu traffic link tetap ramai, jadi google serp tetap aman. salam kenal

cak nun said...

wa keren bngt artikel juragan.nice info

ulhandhy said...

info yang keren, berguna banget buat pemula kayak sy...
tnks

Jurnal Manajemen said...

bangsa indonesia ini bangsa yang besar. sayang sekali, ternyata bloggernya sangat pelit terhadap bangsanya sendiri dalam hal backlink. untuk menjadikan blognya dofollow nggak mengeluarkan uang atau apapun yang berarti, tapi kenapa masih tetap saja pelit dengan hal itu.

Inilah dilema yang dialami bangsa Indonesia. andai kita mau berbagi maka bangsa ini akan maju

Merdeka

Usaha Sukses said...

Wah gitu ya? Maklum aku newbie jadi gak ngerti masalah optimasi SEO. Makasih sharing ilmunya juragan..

Landscape of Borneo said...

Sip infonya, salam

Gallery Ekspresi said...

Saya sangat setuju dengan pendapat diatas bahwa google tidak terlalu terpengaruh terhadap waktu update tapi lain halnya dengan alexa yang menuntut hal ini. Maaf kalau ini cuma analisa yang saya lakukan saja terhadap blog saya yang masih baru.

Setiap kali kalau saya update postingan setiap 2 hari sekali maka alexa menunjukkan penurunan, tetapi begitu saya berhenti jadi lama sekali turunnya terimakasih atas sharingnya.

Herbal Thalasemia said...

makasih buat infonya..
maklum masih baru ne di dunia maya...
jadi infonya ke pake banget buat ane..

Spesifikasi dan harga Sony Ericsson Xperia Arc said...

memang juragaan top bngt..mksh atas infonya

Apple TV said...

thanks gan.informasi sangat membantu

Free Download Mp3 Andai Ku Gayus Tambunan said...

thanks atas info nya gan

Unknown said...

tutornya keren-keren jd betahh

Harga Avanza Baru said...

menyimak dengan seksama tips Juragan.. krn SERP blog sy saat ini lg anjlog.. hiks hiks..

bisnis internet said...

thanks juragan, bisa menjadi bahan untuk pemula kaya saya juragan, tapi ini bila blog punya posisi bagus di SERP, tapi juragan untuk punya posisi bagus di SERP itu susahnya bukan main, harus banyak backlink, kalau setiap hari cari backlink gmana mau posting artikel ke blog, Huftt.... bingunggg..... oghh iya juragan kalau beli backlink itu dampaknya gimana juragan untuk blog, mohon pencerahan juragan ? thanks juragan !!!!

grosir baju murah said...

Happy blogging teman teman

grosir batik solo said...

Salam kenal ya kawand,,, thxz infonya

grosir baju murah said...

Thxz infonya ya kawan

grosir baju muslim said...

Keep blogging, smuga berguna ilmunya

grosir baju anak said...

Kunjungan siang hari

peluang bisnis kecil said...

Happy blogging kawand, smuga menambah persaudaraan

Neody said...

mungkin agar visitor betah berlama-lama kita bisa menambahkan video dari youtube yang relevan dengan isi artikel :D

naughtyric said...

mantep tip nya gan, maksih yah,,,

Mrdaha said...

Saya mahu berkongsi maklumat..

Pada tahun 2010 saya mula berniaga di restoran sebagai pekerja part-time. Semasa itu memang tiada masa untuk update blog. Jika anda lihat jumlah postingan blog saya pada tahun 2010 hanya beberapa sahaja tetapi blog saya masih Pagerank 3.

Saya ada terbaca info pasal google update pagerank. saya ingatkan pagerank blog saya akan menurun sebab lama tidak update. blog saya mempunyai jumlah posting 165 sahaja. Memang ajaib pagerank tak turun. ha3

Kesimpulannya jarang update blog tidak memberi efek pada google pagerank. apa yang penting ialah backlinks dan keyword yang betul..

Jika sesiapa berminat untuk bertukar link dengan saya, saya alu-alukan.. :)

obat herbal diabetes said...

pengalaman yang bermanfaat

Unknown said...

sebelumnya belum kepikiran sih tentang artikel pilar, tapi makasih banget sudah kasih bocorannya . . ditunggu gan artikel selanjutnya

http://horier.blogspot.com/
facebokk, twitter, komputer tips

amyois said...

oh begitu ya gan....
bisa di coba neh..nice info

azis said...

Banyak ilmu baru di blog ini, thanks berat

asrahs said...

Nuhun pisan yeuuuh, jadi tambah wawasan.

asrahs said...

Wawasan jadi nambah nich bos. Nuhun ah

JustFerry said...

posting yang mantap,, thanks nambah ilmu gan

iklan gratis di internet said...

bner deh, blog gak di update juga gak apa2... buktinya blog saya caramudahdapatdolar.blogspot.com masih ada di halaman 1 urutan 10 dengan kata kunci "cara mudah dapat dollar" padahal blog itu udah mati alias gak pernah diupdate lagi (gara2 program pencari dollarnya udah terbukti SCAM whahaha) tapi masih bertahan di posisi 10 trus.
karena gak di kasih backlink lagi, jadi gak naik2 deh posisinya :D

lam kenal, matep blognya kang... penuh dengan tips SEO ;)

GHANDI MUHAMMAD said...

agan,sudah mulai ngeblog dari tahun berapa yaa??
boleh nanya kan gan?
berbaagi penglman bagi yang newbie kyk saya... :)

Free download mp3 Indonesia said...

mas tukeran LINK yuk...
www.pandumusica.info

confirm aja ke pandumusica@yahoo.com jika sudah di pasang, nanti saya akan pasang balik
terima kasih

Online Information Blog said...

perasaan susah deh,,, mesti aktif blog kita... beberapa hari aja nggk update, alexa langsung turun...

Unknown said...

Traffik yang tinggi juga di lihat oleh google kang,.. :D http://miyeru.blogspot.com

Unknown said...

meski gak punya backlink bagus n PR blog 0, namun blog saya yg satu ini sllu bertapa di #1 Google, sesuai dg keyword yg sama dg nama blog, up date-nya pun jarang soalnya cari ide susahnya minta ampun.. hehehe
kenapa blog saya bertahan? lagi2 atas ilmu yang juragan berikan,, makasih banyak juragan..
ini blognya www.bisnis-asetvirtual.blogspot.com

Hackzy technology blog said...

wah tambah lagi ilmu saya, makasih gan

mampir ya???

Unknown said...

sip gan...maju terus

RIP666 said...

bisa jadi pilihan pas lg stuck posting nih mas,,

Jual CROCS kw super said...

nice info nih bro.... thank you

makna sehat said...

wuih makin matab aja bahasannya juragan nih.. thanks sangat bermanfaat..

Yopie said...

wah makin bagus aja nie info, thx eakh gan
http://yopie-iiopz.blogspot.com/

Ichsan Afriadi said...

setuju banget sob

Toko Blog said...

sip... jadi sekarng posting dkit aja dech yang penting unik

makeityourring diamond engagement rings said...

Mantab sekali infonys juragan.salut sama juragan

obat alternatif kanker prostat said...

saya setuju dengan postingan ini...


ehhe

penyembuhan penyakit glaukoma said...

bagus bgt nih infonya.. tapi sayangnya msih blum ngerti juga >,<

xamthone plus said...

kereeeeeeenn nih artikelnya.. saya msih newbie, slam knal yahh

xamthone plus said...

betul banget tu gan...
thanx for information y!
keren bngt...

nolovesca11 said...

wah emang betul-betul mantap nih mas admin.
hehehe
1 posting di optimasi dengan baik itu lebih baik.
saya sendiri juga jarang update
wkwkwwk

james said...

belum paham SEO,btw thank's infonya semoga dengan seringnya membaca bisa paham.

dofollow said...

Your blog is very interesting and read worthy. That's the reason the readers are increasing incredibly. Keep it up

les privat gepe said...

Blog les privat saya pernah bertahan selama 1 bulan di halaman pertama googlke dengan kata kunci "les privat di bekasi". Eh...tiba2 melorot jauh ga tahu ada di mana. Terima kasih atas infonya...

kanker serviks said...

postingan yang sangat bermanfat..
salam kenal buat semuanya,

gold g said...

backling penting kan, mknya saya memburu blog" hehe
makasi untuk infonya,..

tutorial Photoshop said...

blog saya dari peringkat 33 tiba2 ngdrop menjadi 600 sakit hati banget ngliat nya

Ucup Mbozo said...

salam kenal bro...
baru berkunjung d blognya agan
langsung pake templet ri agan

chyardi said...

Salam kenal juragan, bagus nih artikelnya, thanks ya atas ifonya...

obat herbal alami stroke said...

mantap nih informasinya..
cz jarang update nih

Share With Irfan said...

informasinya menarik sekali gan !! Saya mau bookmark yang ngebahas Squidoo tuh bagus juga artikelnya. Trims udah sharing.

tips dan trik menarik lawan jenis said...

tips dan trik menarik lawan jenis

www.xamthoneindonesia.com said...

hebat,, makasi ya,, saya baca beberapa aksi tidak bosan,,

nantaPD said...

Sudah sebulan saya tidak update....
Efeknya mulai 3 hari yang lalu beberapa postingan turun peringkat, yang no 1 jadi no 5, ada juga yang no 1 kini hilang dari SERP.......
Karena tidak Update atau karena G-Panda ya BOSS ?

Cara Membuat said...

mbah google emang kadang aneh. Kadang terkesan moody, hehehe....

seo indonesia said...

makin asyik aja ya belajar SEO apalagi ada juragan yang mau membagi ilmunya,,

Agen XAMthone plus bekasi said...

bagus juga nih penjelsan nya sangat di mengerti . ,makasih banyak yah buat infonya

Obat Herbal Asam Urat said...

tutorialnya sangat bermanfaat sekali bagi saya yang masih newbie nih

FileSonic Indonesia said...

Mantap banget postingannya. Mudah2an blog saya bisa melesat secepat Sonic

Agen XAMthone Plus Bekasi said...

sipz dah. aku akan coba langsung praktek nih gan

Agen Jelly Gamat Sumedang said...

tutorial nya bagus banget nih gan, makasih banyak atas infony

Tempat berlibur said...

Wah mantep inpo gan, jadi terbuka pikiran neh ..:-)

obat hipatitis b said...

wah seru juga ya jalan-jalan di internet banyak pengalamanya.

Agen XAMthone Plus Batam said...

ok juga nih penjelasan nya, sangat bermanfaat sekali gan, makasih telah berbagi ilmunya

Blognya Si Imin said...

mantap nih masa artikelnya....

ditunggu kunjungan baliknya!!

ceritakan ceritamu said...

setuju gan,kdng naik kdng turun.slh satu blogku mnglami naek-turun.n ni lg pngen optimasi di blog Catatan Harian Blogger Modern | Ceritakan Ceritamu

XAMthone plus said...

trik2 nya bagus banget nih harus aku contoh nih,.biar postingan saya tetap bertahan di no wadid hehehe

eko marwanto said...

iya rti emang harus terus update yg bermanfaat dengan kata kunci abadi yg bermanfaat dan dicari banyak orang

sarang semut said...

ane setuju tetap pake ilmu lama, backlink...

Raja Kulit said...

makasih pencerahnnya pak bOs ....sukses selalu

Onfreez said...

Nice info..:-)

Tri Mulya said...

bagus gan, tapi semakin membaca semakin merasa kurang nih di blog ku masalahnya aku baru pasang meta tag aja, yang laen laen bm, mudah mudahan pakai trikm yang laen2
thanks banget infonya

Tri Mulya said...

nice info, biar jualanku laku....
thanks

Teacher's Message said...

really????? it's real. isn't it? do u want to se mine???

games facebook said...

yang pasti backlink harus diperbanyak agar makin mantap websitenya

watch libya alhurra said...

wah,udah lama ane nyari ini gan.thanks infonya. dah hampir 1 bulan uv ane turun drastis.mpe 50% :( smoga tips dari juragan bisa menaikkan lagi uv ane.amiin.sukses sll bt blog agan.

Diapers pakai ulang said...

Kalo seperti blog ane gimana ya gan, gak pernah di update, lawong isinya cuma satu..

Unknown said...

apa yang harus di lakukan untuk mendapatkan backline yang banyak mas

kitchen gadgets fetch site info said...

tetep apapun caranya saya rasa backlink merupakan cara yang ampuh untuk mendongkrak serp

yoedha said...

terimakasih juragan yg telah mmberikan bnyak sekali ilmu.. :))

semar duduk said...

makasih infonya mas

Pusat Mutiara Lombok said...

Bagaimana perlakuan yang tepat untuk blog yang digunakan untuk jualan produk? apakah caranya untuk tetap menjaga posisi di google?

belajar said...

saya setuju juragan.Tetapi ,saya pernah membeli sebuah produk rahasia seo ,blogg yang sering diupdate disukai goggle.saya masih agak ragu

not having children said...

mksih buat tips nya, dapat pencerahan akhirnya :D

Anonymous said...

juragan... bisa ga ngasi saran apa yang harus saya lakukan untuk memperbaiki blog saya.....tolong sarannya dong

WORLD TIPS said...

perbanyak aja jumlah backlink.. itu teknik saya selama ini..

info news technology said...

makasih infonya maz..
bemanfa'at bgt buatQ yg bru new bie ngeblog

music improvisation said...

BL, BL dan BL..

read well said...

susah klo kita akan bersaing dengan ribuan blog lain..

cara menghilangkan jerawat said...

hebat juragan ,bisa bertahan di serp walau jarang update

Berita kapal said...

Juragan, tolong jelasin katakunci abdi, backlink, anchor text, maksudnya apa ya?

salam pelaut Batam dari Berita Kapal

Seo Pakistan said...

nice article

USA BLOGGER said...

nice article :D

sesuatu banget! said...

mantab juragan ini yang ane cari... maksihh

Natural Beauty said...

Bagus neh infonya gan, blogku suka naik turun sherpnya, ga diupdate sehari aja dah turun hehehe, maklum masih nubie abieeeez :)

Obat Asam Urat Herbal said...

owh,,,jadi backlink masi tetap dibutuhkan juga dalam hal ini,,,hemmh,,iya gan,,terima kasih buat infonya,,,membuat postingan yg bermanfafat insyaAllah,,saya akan lakukan,,hehe

TWSshop said...

setuja gan....
jadi menurut sya setelah baca dari artikel di atas, yang terpenting adalah jumlah visitor/pengunjung per hari. banyak kok blog2 yang backlink ny sedikit n posting nya juga gk selalu upadte tpi tetap berada di tempat singgah nya bahkan naik peringkat, itu karena pengaruh jumlah visitor nya stabil.

zokam354 said...

jumlah pengunjung setiap hari yang bludak/stabil sulit ya.apa lagi umur blog baru lahir gimana ya.....newby

«Oldest ‹Older 1 – 200 of 765 Newer› Newest»

Post a Comment — or Back to Content